Warga Desa Bisa Optimalkan Kelola Keuangan Pribadi Lewat Aplikasi Anggaran Cepat

PENGENALAN APLIKASI ANGGARAN CEPAT : Ovi Oktamara mahasiswi Program Akuntasi Perpajakan Fakultas Sekolah Vokasi Undip yang melaksanaan KKN di Desa Wonosari Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung mengenalkan aplikasi Anggaran Cepat kepada warga setempat. Aplikasi ini untuk mengefektifkan pengelolaan keuangan pribadi. Foto : Ovi/Hery Setyadi


Temanggung, suaragardanasional.com - Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2024 telah melakukan loncatan transfer informasi ke warga desa. Kewajiban dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu pelaksanaan progam kerja monodisiplin yang dilaksanakan oleh mahasiswa Progam Studi Akuntansi Perpajakan Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro. Mahasiswa mengenalkan aplikasi pengelolaan keuangan yang menarik.


Yaitu Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Pribadi Melalui Penyusunan Rencana Anggaran Biaya yang Efektif dan Efisien Menggunakan Aplikasi Anggaran Cepat. Program pengenalan di Desa Wonosari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung sebagai sasaran program.


"Dalam era digital yang semakin maju, pengelolaan keuangan pribadi menjadi aspek penting yang perlu mendapat perhatian khusus. Banyak individu yang merasa kesulitan dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran mereka secara efektif, yang seringkali berujung pada ketidakmampuan untuk menabung atau bahkan terjebak dalam utang," papar Ovi Oktamara mahasiswi Program Akuntasi Perpajakan yang menginisiasi pengenalan aplikasi.


Ketidakmampuan menyusun rencana anggaran biaya yang efektif dan efisien seringkali menjadi akar masalahnya. Di sisi lain, potensi besar yang bisa dimanfaatkan adalah penggunaan teknologi melalui aplikasi keuangan yang dapat membantu dalam penyusunan dan pemantauan anggaran. 


Aplikasi “Anggaran Cepat” hadir sebagai solusi untuk membantu individu mengelola keuangan mereka dengan lebih baik. Namun, tidak semua orang mengetahui atau memahami cara mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini untuk kepentingan keuangan pribadi mereka.


Kegiatan yang diperuntukkan bagi warga ini, berbentuk sebuah workshop atau pelatihan intensif dengan tema “Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Pribadi Melalui Penyusunan Rencana Anggaran Biaya yang Efektif dan Efisien Menggunakan Aplikasi Anggaran Cepat.” Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pengetahuan dasar mengenai pengelolaan keuangan pribadi, pentingnya penyusunan anggaran, serta langkah-langkah praktis menggunakan aplikasi “Anggaran Cepat.”


Pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi utama, yakni Sesi Teori berisi pengenalan dasar tentang pengelolaan keuangan pribadi, pentingnya anggaran, dan pengelolaan pendapatan serta pengeluaran. Disusul Sesi Praktik, dimana peserta akan diarahkan untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi “Anggaran Cepat” secara langsung. 

Mereka dipandu untuk membuat rencana anggaran, mencatat pengeluaran, dan memantau keuangan secara real-time menggunakan aplikasi.


"Sasaran utama dari kegiatan ini adalah individu yang ingin meningkatkan keterampilan dalam mengelola keuangan pribadi, khususnya mereka yang masih kesulitan dalam menyusun rencana anggaran yang efektif dan efisien," jelas Ovi, Kamis (16/8/2024). 


Peserta pengenalan aplikasi antara lain karyawan yang ingin mengoptimalkan pendapatan mereka. Kemudian kalangan ibu rumah tangga yang mengelola keuangan keluarga dan mahasiswa yang ingin belajar mengatur keuangan sejak dini. Atau siapa saja yang ingin belajar mengelola keuangan pribadi secara lebih baik Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi para peserta. 


Harapannya setelah mengenal aplikasi, mereka mampu mengelola keuangan pribadi dengan lebih bijak, efisien, dan sesuai dengan tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang. (Ovi/Hery S)

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top