Peringati HUT IBI, Edy Supriyanta : Bidan Garda Terdepan Percepatan Penurunan AKI dan Stunting

JEPARA, suaragardanasional.com - Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan jika bidan memiliki peran penting dalam percepatan  penurunan angka kematian ibu dan bayi (AKI-AKB) dan stunting. Hal ini disampaikan oleh Edy Supriyanta saat menghadiri peringatan HUT ke-73 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Jepara di Lapangan Bandengan, Jepara, Minggu (4/8/2024).


"Atas nama Pemkab Jepara, saya sampaikan  ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi  kepada para bidan yang sudah membuktikan ketulusan dan perjuangan menjaga kestabilan kesehatan masyarakat Jepara, utamanya  kelangsungan hidup ibu dan bayi," kata Edy di hadapan ratusan bidan se-Kabupaten Jepara.


Edy Supriyanta menyebut jika tahun lalu, masih tercatat 13 kematian ibu,  72 kematian bayi, 23 persen ibu hamil dengan kekurangan energi kronis, 29,5 persen bayi lahir secara  prematur, 32 persen remaja putri masih mengalami  anemia, serta 18 persen balita stunting. "Angka-angka tersebut harus bersama-sama  kita turunkan," imbuhnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Jepara itu meminta agar IBI sebagai wadah profesi bidan, dengan 725 anggota, dapat mempertajam peran sebagai ujung tombak penguatan kesehatan  masyarakat melalui upaya promotif dan preventif. 


"Terakhir, jadikan peringatan ini sebagai suntikan  semangat terus berkiprah, mempersembahkan karya nyata bagi bangsa dan negara, semoga  semakin sukses, maju, sejahtera, berkembang, dan profesional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat maupun kepada  anggotanya," tandas Edy.


Sementara itu, Ketua IBI Kabupaten Jepara Mudrikatun mengungkapkan jika peringatan HUT ke-73 IBI, telah diselenggarakan berbagai kegiatan. Diantaranya bakti sosial yang dilakukan oleh masing-masing ranting.

"Kita juga melakukan santunan anak yatim hingga grebek stunting bersama Dinas Kesehatan dan lintas sektor," ungkap Mudrikatun yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara ini.


Dalam peringatan ini juga digelar berbagai lomba antar ranting bidan se-Kabupaten Jepara. Juga dilakukan potong tumpeng oleh Penjabat Bupati dan diserahkan kepada Ketua IBI Cabang Jepara. Hadir dalam kegiatan ini jajaran Forkopimda Jepara, para pimpinan perangkat daerah,camat hingga ratusan bidang di Kabupaten Jepara.


(Hani K)

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top