Jepara Tuan Rumah Jambore Daerah MTs Se-Jawa Tengah

JEPARA, suaragardanasional.com - Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menghadiri pembukaan Jambore Daerah Madrasah Tsanawiyah (MTs) tingkat Provinsi Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Desa Suwawal Timur, Kecamatan Pakis Aji, Jepara, Senin (5/8/2024). Pembukaan secara resmi ditandai dengam pemukulan gong oleh Penjabat Bupati Jepara dan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta.


Jambore daerah ini diikuti perwakilan dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Tiap kabupaten mengirimkan 1 regu putra dan 1 regu putri masing-masing terdiri dari 11 orang. Jambore ini dilaksanakan 5-7 Agustus 2024. Para peserta akan mengikuti 10 kegiatan dan lomba. Diantaranya lomba K5 pertendaan, langkah-langkah pramuka dan yel-yel, penjelajahan, cerdas tangkas pramuka, pionering, madrasah singer agamis religius, pidato kitobah 4 bahasa, serta sandi dan morse.


Turut hadir Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Wahid Arbani, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepala Staf Kodim 0719/Jepara Mayor Arm Syarifuddin Widiyanto, Ketua Pegadilan Agama Kabupaten Jepara Abdul Halim Zailani, dan sejumlah pimpinan perangkat daerah.


Bertindak selaku pembina upacara, dalam amanatnya Wahid Arbani menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Jepara sebagai tuan rumah Jambore Daerah MTs Jawa Tengah 2024.

"Kegiatan ini dapat kita manfaatkan sebagai ajang silaturahmi, komunikasi, dan koordinasi antar pengurus pramuka Madrasah Tsanawiyah se-Jawa Tengah," ujar Wahid.


Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan selamat  mengikuti Jambore MTs Jateng Tahun 2024 kepada sekitar 750 peserta dari seluruh Jateng ini. Dirinya berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sukses. "Selamat berjambore, semoga berjalan dengan sukses," katanya.


Menurut Edy, Pramuka berperan penting dalam  membentuk karakter, keterampilan, dan kepemimpinan. Untuk itu dirinya mengajak untuk terus mendukung pengembangan kegiatan  Pramuka di sekolah dan madrasah. "Pramuka bukan hanya tentang kegiatan di luar kelas,  tetapi juga tentang pembentukan karakter dan cinta  tanah air. Jadikan Pramuka sebagai pilihan utama bagi  generasi muda untuk mengembangkan diri," ungkapnya.


(Hani K)

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top