INISNU Melejit Cetak Sarjana Kompetensi Tinggi

WISUDA INISNU : Kampus Inisnu Temanggung mewisuda 179 lulusannya di Gedung Pemuda, Kowangan, Kota Temanggung. Kampus Inisnu mengalami perkembangan kualitas dan kuantitas mahasiswanya, seiring dengan akreditasi Inisnu yang semakin baik. Foto : Hery Setyadi


Temanggung, suaragardanasional.com - Sidang Senat Terbuka Wisuda Ke-30 Angkatan Empat Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung mewisuda 179 mahasiswa - mahasiswi di Gedung Pemuda, Kowangan, Kota Temanggung, Selasa (20/8/2024). Satu-satunya perguruan tinggi swasta di Kota Tembakau ini berhasil menaikkan grade kualitas pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah mahasiswa dan kelulusan serta titel prestasi kampus. 


Rektor INISNU Dr KH Muh Baehaqi MM memaparkan indeks prestasi para lulusan kampusnya melejit naik. INISNU menerapkan pendidikan bermutu, inklusif dan setara yang dapat diakses seluruh lapisan masyarakat. Kemudian kampus berkolaboratif dengan program standar internasional dan korelatif dengan dunia kerja. "Bahkan sebelum lulus, berdasarkan study tracker, sebanyak 80 persen telah bekerja sesuai bidang studinya. Dosen kampus juga berkegiatan di luar kampus, seperti riset, menjadi konsultan internasional. Kampus ini berhasil mengundang praktisi-praktisi, ahli dan pelaku usaha yang bekerjasama untuk meningkatkan kualitas mahasiswa," papar Baehaqi.


Baehaqi mengutarakan lembaga internasional di bidang pendidikan juga telah bekerjasama dengan INISNU. Dari Jerman, Lebanon, Malaysia dari negara-negara lain. Kampus INISNU tengah dipersiapkan untuk mendapatkan akreditasi internasional. Ratusan prestasi pun sudah disandang oleh dosen dan mahasiswa INISNU. Indikator Kerja Tambahan atau IKT terus menerus dikejar naik.


Pj Bupati Temanggung Drs Hary Agung Prabowo MM dalam sambutannya mengapresiasi atas dedikasi dan komitmen civitas akademika INISNU yang telah mencetak lulusan yang baik. "Kami berpesan para lulusan dapat bertanggungjawab sosial dan keagamaan. Mari kita membangun Kabupaten Temanggung lebih berakhlak. Selamat menempuh ke jenjang kehidupan yang lebih tinggi," kata Agung Prabowo yang dibacakan Staf Ahli Bupati Temanggung, Ir Suminar Budi.


Di wisuda ini, mahasiswa - mahasiswa yang dinyatakan sebagai Lulusan Terbaik antara lain, Azzim Miftachul Islam (IPK 3,97) dari Program Studi Hukum Keluarga Islam. Tsania Salwa Maulida (IPK 3,83) dari Program Studi Ekonomi Syariah. Fadhilatuz Zahro (IPK 3,95) dari Program Studi Pendidikan Agama Islam. Dina Septiana (IPK 3,82) dari Program Studi Madrasah Ibtidaiyah. Nurmashinta Fadhilah (IPK 3,89) dari Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. 

  

INISNU kini diminati masyarakat yang ingin mengkuliahkan anak-anaknya. Menilik asal kota mahasiswanya yang berasal dari luar Pulau Jawa, kabupaten dan kota diluar Kabupaten Temanggung. Kampus yang mempunyai dua fakultas ini sudah siap menampung mahasiswa yang ingin menempuh S2, yakni Program Studi Hukum Keluarga Islam dimulai tahun ajaran 2023-2024.


Arif Budi Setyawan dari Prodi Pendidikan Agama Islam sebagai wisudawan INISNU, di mimbar mengatakan kelulusan ini adalah gerbang kehidupan.Yang memasuki kehidupan sesungguhnya, yang berisi tantangan. Dan wisudawan akan membuktikan ilmu yang telah didapatkan. "Jatidiri kita tercermin bagaimana kita mengaplikasikan ilmu untuk masyarakat. Kehidupan pasti sulit, kita hadapi kehidupan ini dengan jatidiri kita," katanya.

Merunut sejarahnya, INISNU merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Temanggung Jawa Tengah yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung. Pada tahun 2021, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 324 tahun 2021 tanggal 12 Maret 2021 dengan nomor statistik di PD DIKTI 212104, STAINU resmi beralih bentuk menjadi INISNU Temanggung melalui penyerahan KMA Nomor 324 tahun 2021 pada 15 Juni 2021. Rektor INISNU Temanggung Dr. KH. Muh Baehaqi, MM menegaskan sebagai kampus yang menerapan Catur Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan-Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Aswaja Annahdliyah.


Kampus hijau di kawasan Jalan Suwandi Suwardi Madureso ini saat ini terus berbenah infrastrukturnya. Tranformasi yang berjalan di UNISNU ditunjang sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan ideal sebagai institusi pendidikan yang kompetitif. 


Sidang senat terbuka INISNU dihadiri PWNU Jawa Tengah, Dr Abdul Ghofar Majid, Koordinator Kopertis Wilayah Jawa Tengah, Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo yang diwakili Staf Ahli Bupati, Ir Suminar Budi. Hadir pula Rois Syuriah PCNU Kabupaten Temanggung KH Yacob Mubarok, Forkompimda dan tamu undangan lain. (Hery S)

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top