Edukasi Peran Orang Tua Bentuk Motivasi Berprestasi Anak

MEMOTIVASI ANAK BERPRESTASI : Mahasiswa Undip di Desa Wonosari, Bulu, Temanggung menggenjot kemampuan  para ibu untuk memotivasi anak-anak mereka dalam berprestasi. Kegiatan ini untuk meningkatkan peran ortu dalam mendidik anak. Foto : Adityo/Hery S


Temanggung, suaragardanasional.com - Peran orang tua untuk pembentukan katakter pada anak sangat vital. Di SD Negeri Wonosari, Bulu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja yaitu edukasi mengenai pentingnya motivasi berprestasi pada anak.


Disitu dikupas bagaimana orang tua dapat berperan untuk menumbuhkan motivasi berprestasi anaknya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan mendampingi para orang tua mengenai pentingnya motivasi berprestasi demi masa depan anak dan bagaimana cara orang tua berperan untuk menumbuhkan motivasi berprestasi pada anak.


Program kegiatan ini merupakan salah satu program kerja keilmuan dari Adityo Rizqi Wisesa, Mahasiswa Program Studi S1 Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro.


Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 26 Juli 2024 di Pendopo Bumi Makukuhan dan tanggal 3 Agustus 2024 di Balai Desa Wonosari.


Kegiatan tersebut menyasar pada orang tua siswa dan siswi kelas 1A, 1B, 2A dan 2B yang notabene anaknya baru mengenyam pendidikan dasar dan masih beradaptasi dengan pendidikan dan cita-citanya di masa yang akan datang. Pada sesi kedua, pembahasan singkat mengenai motivasi berprestasi dan diskusi singkat kepada siswa-siswi SD Negeri Wonosari mengenai pemahaman mereka mengenai cita-cita mereka. 


Kemudian di tanggal 3 Agustus 2024, kegiatan berkolaborasi dengan para guru SD Negeri Wonosari. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk diskusi dengan bangku peserta dibentuk letter U agar memudahkan mahasiswa dalam menyampaikan materi dan berdiskusi bersama mengenai narkoba dan dampaknya. 


Materi yang disampaikan oleh mahasiswa yakni : Definisi Mengenai Motivasi Beprestasi, Faktor Pembentuk Motivasi Beprestasi, dan Langkah-Langkah efektif yang dapat dilakukan orang tua dalam membangun motivasi berprestasi anak sedari dini.


Kepala sekolah SD Negeri Wonosari, Ibnu, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Menurutnya, program edukasi seperti ini sangat bermanfaat dan sangat membantu pihak sekolah yang memiliki tujuan agar para siswa/i dapat menumbuhkan motivasi berprestasinya hingga ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 


“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang sangat besar bagi orang tua, sehingga sedari dini anak-anak sekolah mendapat dukungan yang lebih besar juga mengenai pendidikan agar tingkat pendidikan disini meningkat dan kesadaran akan pentingnya pendidikan tertumbuh dari kegiatan ini,” ujarnya. 


Kepala Desa Wonosari, H. Parmuji, juga menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Edukasi yang diberikan kepada orang tua siswa/i SD Negeri Wonosari diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pendidikan di masa kini,” ujarnya. 


Dengan diadakannya pemberian edukasi ini, diharapkan para orang tua siswa SD Negeri Wonosari dapat menjadi pendukung utama bagi anak-anaknya dalam mencapai tujuan dan cita-citanya, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi generasi di masa kini dan di masa yang akan datang, papar Adityo Rizqi Wisesa, Mahasiswa Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro yang dibimbing Dosen Pembimbing Lapangan Drs. Eko Ariyanto, M.T.

(Adityo/Hery S)

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top