DPRD Janji Lebih Peka Terima Aspirasi Masyarakat

DPRD TEMANGGUNG 2024-2029 DILANTIK : Sebanyak 45 orang anggota DPRD hasil Pileg 2024 Kabupaten Temanggung dilantik dan disumpah di Pendopo Pengayoman, Senin (19/8/2024). Anggota dewan yang dilantik masih didominasi figur lama, hanya sedikit anggota wakil rakyat yang benar-benar baru terpilih. Foto : Hery Setyadi


Temanggung, suaragardanasional.com - Puncak hasil pemilu legislatif (Pileg) Kabupaten Temanggung berhasil memilih 45 orang anggota DPRD. Puluhan anggota dewan ini, masih didominasi muka-muka lama. Hanya sebagian merupakan anggota dewan yang benar-benar baru setelah terseleksi pada proses demokrasi. Dewan periode masa bhakti 2024-2029 ini berjanji akan lebih peka terhadap aspirasi masyarakat.


Hal ini ditegaskan Yunianto SP anggota DPRD yang untuk ketiga kalinya terpilih. Dewan dari PDIP ini dinyatakan sebagai Pimpinan Dewan atau Ketua DPRD Sementara  setelah usai pelantikan dan pengambilan sumpah 45 anggota DPRD di Pendopo Pengayoman. Dalam Sidang Paripurna Masa Sidang Ke-16 Tahun 2023-2024 tersebut, Yunianto berduet dengan Mahzum SHI dari PKB sebagai Wakil Ketua Sementara. Pimpinan dewan sementara ini untuk selanjutnya ditugasi oleh amanat aturan, untuk membentuk Pimpinan Dewan definitif dan memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi di legislatif.


Yunianto usai ditetapkan sebagai Ketua DPRD sementara, menyebutkan dewan akan lebih peka lagi mendengar aspirasi masyarakat Temanggung. Kerja legislasi selama lima tahun terakhir telah terjalin baik dengan eksekutif dan yudikatif. "Dewan ke depan akan menekankan kerja yang aspiratif dan mengutamakan aspirasi yang membawa pengaruh pada kehidupan luas di masyarakat," tegas pria yang dipastikan akan kembali duduk sebagai Ketua DPRD definitif ini.


Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Temanggung ini dihadiri wakil dari Otda Provinsi Jawa Tengah, Forkompimda termasuk Pj Bupati Temanggung, Drs Hary Agung Prabowo MM  dan jajaran Pemkab Temanggung. Dua mantan Wakil Bupati Temanggung yakni Irawan Prasetyadi dan Drs H R. Heri Ibnu Wibowo pun hadir di tengah-tengah ratusan tamu undangan yakni kades se-Kabupaten Temanggung, tokoh masyarakat, ormas, tokoh agama dan lainnya. Sosok yang tak nampak di acara ini adalah HM Khadziq atau Hadik Ketua DPD Golkar Kabupaten Temanggung, padahal petahana bupati ini mendapat undangan dari panitia acara.


Pimpinan sementara DPRD diambil dari Ketua dan Wakil Ketua dari 2 parpol yang memenangkan pileg urutan pertama dan kedua. Ketua DPRD sementara Yunianto SP (PDIP) dan Wakil Ketua DPRD Mahsun SHI (PKB) usai dilantik dan disumpah, langsung memimpin jalannya sidang paripurna tersebut.

Pj Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo membacakan sambutan Mendagri Tito Karnavian. "Kami berterimakasih atas dharma bhakti anggota dewan sebelumnya dan selamat serta sukses mengemban tugas kepada anggota dewan yang telah dilantik hari ini. Semoga dewan yang baru, bisa bekerja lebih berintegritas dan kompeten dalam menjalankan tugasnya," kata Agung.


Sekretaris DPRD, Agus Munadi menjelaskan anggota DPRD Kabupaten Temanggung baru yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya, antara lain : 

1. Drs HM Said Daud (PKB)

2. H Agung Priyo Widodo (PDIP)

3. Chakiem Harmoko Hadi Chandra Kusuma SH MH (Gerindra)

4. Dwi Linda Wati SH MH (Golkar)

5. Irawan (Demokrat)

6. Ari Sutrisno (PPP)

7. Siti Margo Lestari (Hanura)

8. Ahmad Khudlori SPdi (PKB)

9. H Arief Noorhadi Soebroto SE (PKS)

10. Riyadi Kunaen MAP (PDIP)

11. Drs Tunggul Purnomo (Golkar)

12. Drs Andoyo (Gerindra)

13. H Dedi Hariyadi SE (PKB)

14. Siswanto (PDIP)

15. Drg Nadia Muna (PPP)

16. Widi Sulistyo Teguh Imam Santoso (Golkar)

17. Umi Fadilah (Nasdem)

18. Akhmad Masfudin (Gerindra)

19. Panca Dewi SH (PDIP)

20. Eko Wahyu Hardianto (PKS)

21. Jumadi SE (Golkar)

22. Indah Cahyani SE (Gerindra)

23. Hj Tri Eko Wasti (PKB)

24. Muh Taryono (Demokrat)

25. Moh Burhanudin (PDIP)

26. H Djarjono BA (Golkar)

27. Mahzum SHI (PKB)

28. H Erda Wachyudi SH (PAN)

29. Elynawati SPd MPd (PKS)

30. Sujarwo SP (Gerindra)

31. Mahbub (PPP)

32. Slamet Eko Wantoro Hadi (PPP)

33. Ishadi SE (Golkar)

34. Abdul Mufid (Gerindra)

35. H Muh Amin SAg (PKB)

36. Bejo Tursiyam (PAN)

37. Yunianto SP (PDIP)

38. Margo Susilo (PDIP)

39. Daniel Indra Hartoko SE (Gerindra)

40. Hj Umi Tsuwaibah SAg (PKB)

41. Slamet SE (Golkar)

42. Gunawan Adi Purnomo (PDIP)

43. Ahmad Syarif Yahya SSos (PPP)

44. Herlina Dwi Prabawati SE

45. Badrun Mustofa SPd


Rapat paripurna yang berlangsung selama tiga jam tersebut dilaksanakan dengan penandatanganan dokumen pelantikan oleh anggota DPRD Agung Priyo Widodo dari PDIP dan  penyerahan dokumen dari Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Temanggung kepada anggota DPRD Margo Susilo (PDIP). Dan acara rapat paripurna ini ditutup dengan pembacaan doa penutup oleh Kepala Depag Kabupaten Temanggung H Fatkhurrohman. (Hery S)

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top