Atmosfir Nusantara Bhinneka Tunggal Ika Sangat Terasa Di Upacara 17an Di Alun-Alun

UPACARA 17-AN GAYENG : Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menjadi inspektur upacara di Upacara Bendera Hari Kemerdekaan RI Ke-79 di Alun-alun Kota Tembakau, Sabtu (17/8/2024). Upacara ini dihadiri ratusan tamu undangan, termasuk para calon bupati yang akan berkontestasi pada Pilkada Temanggung 2024. Foto-foto : Hery Setyadi


Temanggung, suaragardanasional.com - Pemkab Temanggung dibawah kepemimpinan Pj Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo semakin greget dan mampu mendekatkan pemimpin daerah dengan masyarakat. Pada Upacara Bendera Hari Kemerdekaan RI Ke-79 di Alun-alun Kota Tembakau, ratusan tamu undangan datang dan tampil dengan berpakaian berke-bhinneka tunggal ika-an. Berbagai adat budaya disatukan di momentum yang menjunjung kebesaran Nusantara.


Pada upacara yang disaksikan oleh masyarakat Temanggung ini, Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menjadi irup atau inspektur upacara besar kali ini. Berpakaian gagah beskap Jawa warna hijau tosca muda dan bertutup kepala blangkon, Agung nampak berwibawa. Barisan Paskibraka tegap dan kompak selama pengibaran bendera Merah Putih di hadapan irup Agung dan ratusan peserta upacara dari Kodim 0706, Polres Temanggung, SKPD se-Kabupaten Temanggung, sekolah dan Ormas. 


Ratusan tamu undangan di deretan kursi tamu khusyuk mengikuti jalannya upacara. Di tengah Forkompimda, Ketua DPRD Kabupaten Temanggung, Yunianto SP berpakaian senada dengan Pj Bupati Temanggung, berbeskap warna yang sama. Hal sama juga pada pakaian para pimpinan wakil ketua DPRD, Muh Amin, Daniel dan Tunggul Purnomo yang hadir didampingi istri masing-masing. Corak berbeda ditunjukkan oleh para pejabat Pemkab Temanggung dan tokoh masyarakat yang berpakaian adat suku Bugis, Dayak Kalimantan, Papua, Madura, Bali dan sebagainya. Aura kebahagiaan para tamu terpancar, termasuk Heri Ibnu Wibowo (Wakil Bupati Temanggung 2019-2023) yang hadir serasi bersama sang istri Denty Eka Widipratiwi yang anggota senator atau DPD RI Jawa Tengah. Bowo mengenakan baju adat Jawa, surjan lurik cokelat matching dengan tampilan Denty yang elegan berkebaya. 

Nah ini yang cukup mengagetkan, diantara ratusan tamu undangan, ada satu sosok yang hampir nihil tampil di muka umum usai lengser dari jabatan, yakni HM Hadziq atau Hadik (mantan Bupati Temanggung 2019-2023). Tak ditemani oleh istrinya Eni Saragih, Hadik seakan tertahan-tahan senyumannya di tengah-tengah para tamu. Pj Bupati Temanggung, Agung Prabowo usai menutup jalannya upacara, mendekati para tamu dan menyalami satu - persatu mereka, termasuk kepada Hadik. Keduanya tak berbincang intens, hanya berbisik sekian detik pada pertemuan itu. Hadik buru-buru pergi meninggalkan tempat duduknya.


Upacara bendera di alun-alun ini menyerap energi persatuan. Meskipun tak lama lagi, kontestasi pada Pilkada Temanggung 2024 segera dipukul genderangnya. "Semoga Temanggung kembali bersenyum, lebih maju dan luwih apik. Siapapun yang nanti memimpin Temanggung, kita semua tetap menjadi saudara," kata Haryo Dewandono, tokoh masyarakat yang pernah mengikuti kontestasi Pilkada Temanggung 2019 sebagai cabup berpasangan dengan cawabup Irawan Prasetyadi yang turut hadir pula sebagai tamu undangan acara tersebut. (Hery S).

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top