Panut Sudarno Kejutan Baru, Namanya Ramai Diperbincangkan Di Pilkada Temanggung

PANUT SUDARNO DIPERBINCANGKAN MASYARAKAT : Pilkada Temanggung 2024 bakal penuh kejutan. Nama Panut Sudarno, Kades Nampirejo, mencuat di tengah konstelasi  jelang pertarungan Pilkada Temanggung nanti. (Hery S)


Temanggung, suaragardanasional.com | Kota Temanggung sepertinya bakal bersenyum kembali. Di tengah stagnannya kontestasi Pilkada Temanggung 2024 hingga ujung bulan Juli, tiba-tiba menyeruak muncul figur baru di bursa kandidat pemimpin daerah. Nama Kepala Desa Nampirejo, Temanggung, Panut Sudarno secara mengejutkan diperbincangkan publik di Kota Tembakau.  


Panut telah masuk radar sejumlah parpol di Temanggung. Peluang pendatang baru yang dimunculkan spontan oleh publik ini, menjadi petanda dimulainya pemilihan kelapa daerah yang berdaulat rakyatnya, etos pemimpin yang melayani masyarakat dan kemunculan nama Panut dari grassroot atau akar rumput di masyarakat. 


Kabar terbaru, Panut disebut oleh sejumlah kader partai dan para kepala desa, serta tokoh masyarakat, yang bersangkutan layak untuk masuk ke laga pilkada 2024, sebagai calon wakil bupati. Selama dua periode menjabat kepala desa dan luasnya konektivitas Panut pada lapisan masyarakat dan tokoh masyarakat di Kabupaten Temanggung  menjadi modal besar kekuatan figur seorang Panut.


"Saya mendengar dari suara warga masyarakat Temanggung yang ditemui, rata-rata warga menginginkan sosok pemimpin yang berasal dari kalangan bawah. Nama Panut terdengar nyaring dari masyarakat. Tanpa tanda-tanda, tiba-tiba nama ini (Panut-red) ramai diperbincangkan masyarakat," ungkap H Muhamad Jafar Khudori (MJK) salah satu kandidat wakil bupati yang mendaftarkan diri lewat PPP.


MJK menilai Panut sebagai kepala desa yang kinerjanya baik di mata masyarakat. Dengan demikian sangat wajar apabila ada kehendak masyarakat yang disalurkan lewat kemunculan nama Panut Sudarno. 

Pengamat sosial politik, Handarbeni SH MHum, yang dimintai pandangannya, menyebutkan pada Pilkada Temanggung akan ada kejutan-kejutan figur baru yang muncul di awal bulan Agustus mendatang. Figur-figur ini justru munculnya dari masyarakat Temanggung sendiri yang menghendaki alternatif kandidat bupati dan wakil bupati. Bacaan kami di segmen masyarakat bawah, mereka jenuh. "Malah akan menarik di Pilkada Temanggung jika muncul figur yang fresh seperti Panut Sudarno atau figur lainnya lagi dan ini membuat penasaran masyarakat," kata Handarbeni.


Panut Sudarno yang dikonfirmasi soal nama dirinya ramai diperbincangkan oleh publik, menanggapi hal ini dengan kalem. "Mosok saya pantes jadi bupati atau wakil bupati. Saya tak pernah punya ambisi jadi ini dan jadi itu. Semua biarkan mengalir dan setiap orang akan menemukan takdirnya," jawab Panut dengan senyuman, di sela-sela kegiatan pemupukan demplot tanaman cabe bersama PT Herbal Nusantara Hayati (HNH) di Desa Nampirejo, Sabtu (27/7/2024).


Kades Nampirejo yang sudah dua periode menjabat, yakni 2013-2019 dan periode saat ini 2020-2026, tak membantah ada banyak pihak yang menyebutkan nama dirinya mencuat di bursa Pilkada Temanggung 2024. Dia pun membenarkan ada sejumlah tamu dari anggota dewan, kemudian bakal calon bupati maupun wakil bupati yang menyambangi rumahnya. "Itu kan silaturahmi saja," ujarnya Panut yang sehari-hari bergelut sebagai petani dan peternak ayam ini.

Pilkada Temanggung 2024 diprediksi akan banyak kejutan. Hingga jelang akhir bulan Juli atau kurang dari sebulan lagi jadwal resmi pendaftaran balon calon bupati dan pasangannya ke KPU, jumlah pasangan calon bupati dan wakil bupati diprediksi sebanyak tiga pasang. Petahana HM Khadziq mencari aman dan dukungan modal finansial dengan menggandeng anak mantan Kapolda Kalimantan Timur, Bimo Alugoro. Mereka akan diusung oleh Partai Golkar, PAN dan Nasdem.


Sedangkan balon bupati Heri Ibnu Wibowo yang akan diusung Partai Gerindra rencananya memilih pasangan atau balon wakil bupati Fuad Hidayat yang akan diusung oleh PKB. Kedua figur ini gencar mempromosikan diri lewat baliho diri masing-masing. Tapi keduanya belum mendeklarasikan sebagai pasangan. "Kami masih terus berembug," jawab Fuad Hidayat saat dikonfirmasi. Fuad ini tergolong petarung, mengingat dirinya sudah untuk ketigakalinya ikut dalam kontestasi pilkada.


Sementara di kubu PDIP dan Hanura dan besar kemungkinan PPP, PKS akan bergabung, sosok figur yang akan diusung belum nampak jelas. Nama-nama seperti Yunianto (Ketua DPRD Temanggung dan Ketua DPC PDIP Kabupaten Temanggung), Hari Agung Prabowo (Pj Bupati Temanggung saat ini), Bambang Sukarno (mantan Bupati) serta sejumlah balon wakil bupati termasuk Agus Setyawan (Kades Campurejo, Tretep dan Ketua APTI Temanggung) dan lain-lain masih menunggu nasib dan takdir dari turunnya rekomendasi Ketum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri. (Hery S)

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top