Persaudaraan Lintas Iman Nasional Serukan Pilkada Damai

 

PENTINGNYA KERUKUNAN : Kapolda Jateng Irjen M Lutfhi bersama Pj Bupati Temanggung Drs Hary Agung Prabowo akan diundang pada sarasehan nasional yang digelar oleh Persaudaraan Lintas Iman Nasional di Kota Temanggung. Sarasehan nasional ini akan menggaungkan pentingnya persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa di tengah hajatan Pilkada serentak pada tahun 2024. Foto : Hery Setyadi


Temanggung, suaragardanasional.com - Hajatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di tahun 2024 mengundang perhatian seluruh elemen bangsa. Persaudaraan Lintas Iman Nasional menyerukan pilkada nantinya berlangsung secara damai dan menjunjung persatuan kesatuan bangsa. Kerukunan antar suku, ras, dan agama digaungkan seluruh daerah. Keutuhan nasional adalah hal terpenting, meskipun pilkada terjadi perbedaan pendapat dan pilihan.


Untuk memperkuat jalinan kerukunan antar umat beragama, Persaudaraan Lintas Iman Nasional akan menggelar sarasehan tingkat nasional di Kota Temanggung pada bulan Juli mendatang. "Momentum Pilkada serentak 2024 justru diperkuat dengan jalinan kerjasama semua pihak, elemen masing-masing umat beragama akan menjadi perekat kesatuan dan keutuhan nasional. Hal utama ini yang akan kita angkat di sarasehan nasional di Kota Temanggung," kata Ketua Umum Persaudaraan Lintas Iman Nasional, David Maharya Ardyantara, Rabu (12/6/2024). 


David memaparkan sarasehan ini dihadirkan tamu spesial dari Dewan Ketahanan Nasional RI. "Kami telah mengundang Laksamana Pertama TNI Judijanto dari Kedeputian Politik dan Strategi Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI pada sesi utama sarasehan," jelasnya. 


Selain itu, tamu undangan lainnya adalah Irjen Pol M Luthfi Kapolda Jateng yang kebetulan namanya masuk dalam bursa kontestasi Pilkada Jateng 2024. Kemudian   Drs Hary Agung Prabowo MM PJ Bupati Temanggung sebagai tuan rumah yang dipastikan turut hadir pada sarasehan yang mengupas sisi pentingnya kesatuan dan keutuhan nasional. 


David menerangkan, pada Pilkada 2024 diperkirakan akan terjadi gesekan sosial maupun politik. Namun dari pengalaman bangsa Indonesia yang mampu melewati berbagai proses demokrasi, kekuatan masyarakat untuk tetap utuh bersatu masih tinggi.  


Sarasehan nasional yang jarang digelar di Temanggung ini mengambil tema  "Demokrasi Kita dan Harkamtibmas Jelang Pilkada 2024". Menurut David, Persaudaraan Lintas Iman adalah organisme yang mengakomodir pemikiran dan pendapat serta keprihatinan seluruh umat beragama dan pengamat kepercayaan secara nasional.


Pihaknya merasa penting dan relevan untuk mengangkat isu persatuan di tengah perbedaan suku, ras dan agama di Indonesia. Dipilihnya Kota Temanggung sebagai lokasi sarasehan nasional, dilatarbelakangi oleh keberhasilan daerah ini dalam moderasi beragama. Masyarakat Temanggung yang berbeda-beda komponennya, mampu menunjukkan model kerukunan beragama yang cukup ideal. 


Selain dari Watannas, narasumber lain pada sarasehan nasional ini adalah Taslim, Sekjen Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Indonesia. 


Dewan Ketahanan Nasional RI sesuai Keppres Nomor 101 Tahun 1999 adalah lembaga pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden serta mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan pembinaan ketahanan nasional. "Watannas perlu hadir di Temanggung, untuk dapat memotret moderasi agama yang berlangsung disini," pungkas David. (Hery S)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top