SD Islam Qur'an Bangun Gedung Sekolah Baru

 

CETAK GENERASI QUR'ANI : SD Islam Qur'an Temanggung digadang-gadang mampu mencetak anak-anak berkualitas, berkharakter dan hafal qur'ani. Sekolah dibawah naungan Yayasan Bintang Sembilan ini bakal dibangun di Kota Temanggung. Foto : Hery Setyadi


Temanggung, suaragardanasional.com - Dunia pendidikan dasar di Kabupaten Temanggung bertambah moncer. SD Islam Qur'an Temanggung bakal dibangun sebagai sekolah yang moderen dan maju. Di kawasan "edu centre" Jalan Kartini Temanggung, sekolah terpadu dengan kelengkapan paripurna akan berdiri sebagai sebuah kawah candradimuka siswa penghafal Qur'an.


Sekolah yang akan dibangun ini menandakan keistimewaan dan kebanggaan bagi Kabupaten Temanggung. Generasi yang islami dan qur'ani dicetak dari sini dengan pengajar -pengajar yang berkualitas di bawah naungan Yayasan Bintang Sembilan. 


Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua MUI Kabupaten Temanggung KH Yacob Mubarok saat Haflah Akhirussanah Halal Bihalal dan Wisuda Tahfidz Yayasan Bintang Sembilan SD Islam Qur'ani Temanggung di gedung Grha Bhumiphala Komplek Setda Kabupaten Temanggung, Sabtu (18/5/2024).


KH Yacob Mubarok di kesempatan ini kaget ternyata banyak kiai yang hadir. "Ada Kiai Naim, Kiai Ja'far dan Bapak atau Gus Agung serta kiai-kiai yang lebih senior dari saya. Mudah mudahan anak- anak kita akan mencapai kesuksesan seperti angka sembilan yang menjadi nama Yayasan Bintang Sembilan. Hari ini saya merasakan bau surga. Melihat wajah-wajah anak anak yang cerah," kata KH Yacob Mubarok.


Mengantarkan anak anak dengan pendidikan qur'an seperti ini, pahalanya lebih hebat dari shodaqoh. Ada aura yang berseri, ceria, seneng pada anak-anak ini dan insyaAllah mereka menjadi ahli surga, tambahnya. 


Lidah anak anak juga sangat fasih melafadzkan bahasa yang dikandung Al Qur'an. "Kita do'akan semoga sekolah ini lebih dil barokah. Hati yang benar-benar bersih juga ditunjukkan oleh anak anak," imbuhnya.


H Muhamad Ja'far Khudori, Wakil Ketua Majelis Wilayah Cabang (MWC) NU Temanggung mewakili panitia, di podium mengatakan SD Islam Qur'ani Temanggung fisiknya akan segera dibangun dan didukung banyak pihak yang menginginkan adanya lembaga pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Temanggung.

"Kami mengapresiasi semua pihak, semua pihak, baik materiil maupun non materiil yang handarbeni dengan berdirinya SD Islam Qur'an Temanggung," ujarnya.


Ja'far atas nama panitia berterimakasih pada PJ Bupati Temanggung dan Pemkab Temanggung yang membantu menyediakan sarana megah di Grha Bhumiphala sebagai lokasi acara ini. Sehingga acara ini menjadi sangat berkesan bagi segenap "civitas akademika" SD Islam Qur'an Temanggung dan menjadi momentum penting pendidikan di Temanggung.


Ja'far menambahkan, patut diberikan selamat dan apresiasi kepada anak-anak siswa sekolah ini yang diwisuda. Ini berkat, Keberadaan Yayasan Bintang Sembilan yang telah disempurnakan kepengurusannya di tahun 2024. Sesuai hasil musyawarah Yayasan Bintang Sembilan pada tanggal 7 Mei 2024. Pembina yayasan adalah Drs Mansyur Asnawi dan Ketua KH Mupangat dengan pengurus Ketua KH Muh Naim, Wakil Ketua H Muhamad Ja'far Khudori. 


SD Islam Qur'an Temanggung saat ini sudah mempunyai siswa sebanyak 81 orang. Yang diwisuda 19 siswa. Di sekolah ini, kegiatan wajibnya yakni tahfidz dan pilihan, sains, seni, matematika, bahasa Inggris dan Arab. Sekolah pada pembelajaran ke siswa, menggunakan Kurikulum Merdeka.


Yayasan Bintang Sembilan belum lama ini, mendapatkan berkah berupa tanah wakaf seluas 2.600 meter persegi. Dan akan diawali dengan pembangunan SD Islam Qur'an Temanggung yang didukung pembangunannya oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP dan anggota DPRD Kabupaten Temanggung, H Agung Priyo Widodo.


"Semoga generasi yang dicetak sekolah ini bisa mengisi Indonesia Emas yang gemilang dan cerah. Alumninya menjadi insan yang qur'ani, berkualitas, berkarakter baik," kata H Muhamad Ja'far Khudori seraya mengajak yang hadir untuk mendoakan bersama nama seorang kiai yang telah mewakafkan tanah untuk dibangun SD Islam Qur'ani dan bersholawat. 


Staf Ahli Bupati Temanggung Bidang Pendidikan, SDM dan Kebudayaan Tri Raharjo pada saat membacakan sambutan PJ Bupati Drs Agung Hary Prabowo MM, menyebutkan kegiatan ini adalah momentum penting pasca Lebaran dengan halal bihalal dan wisuda hafalan Al Qur'an. PJ Bupati mengapresiasi kontribusi para pendiri dan pendidik SD Islam Qur'an Temanggung yang luar biasa untuk mengawali pendirian sekolah dan melaksanakan pendidikan yang tak ringan.


Anak-anak ini adalah aset utama yang akan membangun bangsa ini. Pengajar dan peran orang tua sangat penting untuk membentuk karakter anak yang islami.

KH Mupangat Ketua MWC NU dan Dewan Pembina Yayasan Bintang Sembilan, menjelaskan yayasan yang dipimpinnya ini merupakan lembaga di bawah naungan MWC NU Temanggung. 


Kepala SD Islam Qur'an Temanggung, Kuni Adibah MPdi, memaparkan, sekolah yang dia pimpin memiliki siswa 81 anak, yang dibagi menjadi 4 kelas. Saat inj adalah wisuda ke-2 bagi sekolah yang sementara berlokasi di Bebengan Temanggung. Yang diwisuda sebanyak 19 anak (dari kelas 1 sejumlah 4 anak, kelas 2 sejumlah 3 anak, kemudian kelas 3 sejumlah 5 anak, kelas 4 sejumlah 7 anak) yang telah lolos tahfidz dengan juz 28, juz 29 dan juz 30 Al Quran. 


Lembaga pendidikan yang berorientasi dunia akirat  ini didirikan untuk masyarakat nahdliyin dan masyarakat umum. "Pengenalan bahasa Arab dan Inggris diberikan kepada setiap siswa. Mereka juga belajar ilmu ke-NU-an," jelas alumni Universitas Al Azhar Mesir ini.


Di acara puncak ditampilkan sejumlah tari tradisional, drama teater, pidato berbahasa Inggris dan tahfidz Qur'an. Kreatifitas siswanya diwujudkan pada Hasta Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD Islam Qur'ani Temanggung yang dipajang di Grha Bhumiphala. (Hery S)

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top