Perang Obor Kita Uri Uri Kearifan Lokal Melenggenda Di Desa Tegal Sambi Kabupaten Jepara

 

Jepara, suaragardanasional.com|Tradisi perang Obor yang sudah melegenda turun temurun ,Perang obor warisan nenek moyang serta adat istiadat tradisi budaya  yang  berada di Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara Jawa tengah digelar pada Senin malam (20/5/2024).


" Kegiatan ini melibatkan 40 peserta dengan 400 senjata obor yang terbuat dari pelepah pisang dan daun kelapa kering".


"Adapun acara doa bersama yang dipimpin oleh sesepuh Desa di tengah perempatan lalu dilanjutkan dengan penyulutan obor api langsung dipimpin oleh PJ Bupati Jepara".


"Tampak hadir, Forkopimda Jepara beserta jajarannya, Forkopincam Tahunan beserta jajarannya serta tamu undangan lainnya".


Agus Santoso selaku Petinggi Tegalsambi dalam sambutannya menyampaikan," Sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu demi kelancaran acara perang obor".


“Pelepah kelapa dan daun pisang kering yang akan dijadikan senjata perang obor sudah disiapkan lebih dari 400 ikat. Senjata-senjata itu akan dimainkan sekitar 40 peserta yang merupakan warga Desa Tegalsambi,” . Terangnya. 

Agus santoso juga menyampaikan, Perang obor ini merupakan puncak rangkaian sedekah bumi Desa Tegalsambi. Tradisi yang sudah berlangsung turun temurun ini dihadiri para wisatawan serta berbagai media dari dalam maupun luar Kabupaten Jepara.


" Pada prinsipnya pagelaran perang obor sebagai rasa syukur petani setelah panen, peternak, nelayan yang hasilnya melimpah, pedagang serta di berikan kesempatan bagi seluruh warga, ini wujud mensyukuri apa yang telah Tuhan SWT diberikan,”. Pungkasnya.


Edy supriyanta selaku PJ bupati jepara menyampaikan, " Bangga dengan warga desa galsambi yang selalu konsisten merayakan perang obor yang suatu budaya nguri- nguri di Jepara yang inti nya mengusir roh jahat yang ada di desa ini. 


Harapan saya Perang Obor ini dapat terus di kembangkan hingga memiliki dampak ekonomi bagi warga masyarakat ”.Terang Edy supriyanta. 


“Tradisi dan budaya memiliki peran penting dalam membangun karakter Harapan saya melalui Proyek Penguatan Profile Pelajar Pancasila, tradisi – tradisi Jepara dapat masuk dalam kurikulum sekolah. Ucapnya.  ( Hani K)

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top