Respon Keluhan Warga, Laksanakan Pemeliharaan Akses Jalan PLTU TJB Akan Diupayakan Positif Oleh Perumda Aneka Usaha

 

Jepara, suaragardanasional.com- Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Kabupaten Jepara melaksanan perbaikan  pemeliharaan ruas jalan akses PLTU TJB Jepara hingga pertigaan jalan raya Desa Wedelan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Selasa (9/4/2024).


Hal ini dilakukan Perumda Aneka Usaha secara rutin dan berkala, sesuai dalam clausal Kontrak Perjanjian Kerja Sama Pengelolaan Pemanfaatan Limbah PLTU TJB. Antara Koperasi Jasa Pembangkitan Tanjung Jati B (Kopjati) dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Jepara. 


Saat ini Perumda Aneka Usaha dalam pelaksanaan operasional limbah gypsum PLTU TJB bermitra dengan PT Bangun Setia Sejahtera (BSS). 


Direktur Utama Perumda Aneka Usaha Nur Cholis, mengatakan, tetap akan mengupayakan pemeliharaan ruas jalan akses PLTU yang menjadi tanggungjawabnya agar dalam kondisi baik dan nyaman ,aman bagi warga setempat. 


“Meski disadari pendanaan untuk melakukan upaya itu sangatlah minim. Namun perbaikan ruas jalan yang rusak tetap terus dilakukan.” kata Nur Cholis melalui sambungan telephon. Selasa (9/4/2024).


Menurutnya kerusakan ruas jalan tersebut akibat terbatasnya anggaran yang dimiliki Perumda. Sehingga terkesan perbaikan yang dilakukan Perumda selama ini tidak terlihat hasilnya. Karena yang bisa dilakukan hanyalah tambal sulam secara rutin dan berkala.


Sementara Direktur Utama PT Bangun Setia Sejahtera Ponco Sujarwo biasa disapa akrab Gus Co saat dikonfirmasi melalui sambungan whatsApp  membenarkan kegiatan pemeliharaan perbaikan jalan tersebut. 

"Kami bersama warga evaluasi dan pantau setiap titik kerusakan jalan. Karena kami mempunyai tanggung jawab dalam pemantauan perbaikan dan  pemeliharaan jalan akses ruas jalan PLTU TJB hingga pertigaan jalan pertigaan Desa Wedelan," kata Gus Co. 


Ia menambahkan, pihaknya selalu memantau dan membuat rekomendasi kepada Perumda Aneka Usaha untuk segera memperbaiki jalan yang rusak. 


Sementara Solekhan warga RT.01/RW.02 Desa Kaliaman mengatakan, terkait dengan masalah kerusakan ruas jalan Perumda selama ini masih melakukan perbaikan tambal sulam secara rutin dan berkala.


“Akses ruas jalan PLTU pertigaan Wedelan sudah berumur 15 tahun lebih dengan lebar 5 meter panjang 9.5 kilo meter, saat ini masih masuk dalam klas Jalan Kabupaten,” ungkap Sholekan.

Warga masyarakat ring-1 berharap, Pemkab Jepara harus evaluasi kembali terkait klas Jalan Kabupaten, untuk ditingkatkan dengan betonisasi menjadi klas Jalan Propinsi.


Diketahui, saat ini dengan beroperasinya PLTU Unit 5&6 menjadikan bertambahnya volume kendaraan besar melintas keluar masuk akses PLTU. Hal ini berimbas pada jalan yang masih masuk Kelas Jalan Kabupaten. 


Seharusnya status klas ruas Jalan Kabupaten ditingkatkan menjadi klas ruas Jalan Propinsi. Mengingat volume kendaraan berat keluar masuk pltu meningkat berpotensi jalan ambles dan rusak dan itu sangat memprihatinkan sekali.


(Hani K)

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top