Halal Bi Halal LSM Garda Nasional

 

Semarang, suaragardanasional.com- Halal bihalal menjadi tradisi yang dilakukan setelah Lebaran. Momen tersebut diiringi dengan salam-salaman dan saling bermaaf- maafan di hari lebaran. Dalam pandangan Islam, halal bihalal dinilai sebagai kegiatan yang positif. Pasalnya, tradisi bermaaf-maafan yang hanya ada di Indonesia itu diyakini dapat menyempurnakan peleburan dosa.



Begitu juga yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garda Nasional menyelenggarakan halal bi halal, kegiatan tersebut bertujuan untuk saling memaafkan dan menjalin silaturahmi yang baik antar anggota. Acara tersebut di hadiri dari tingkat DPP, DPW dan DPC sejawa tengah di kantor DPP pada minggu 21 April 2024.



acara dibuka oleh ustad Widomo selaku anggota dpc kabupaten semarang divisi agama dan budaya dengan diawali bacaan surat alfatikah dan dibuka dengan yel yel garda nasional dipimpin oleh Rusmanto selaku ketua dpc kabupaten semarang, kemudian dilanjut penyampaian susunan acara halal bi halal.



“Pertama saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota beserta jajaranya yang sudah hadir dalam acara ini, pertama akan sampaikan pengalaman saya dari kunjungan ke negara amerika, kanada, swiss, inggris, swedia mereka LSM rata-rata mempunyai usaha seperti mall, pelayanan jasa dll.



maka mulai sekarang kita menjalin kerjasama dengan project-project usaha, baik swasta maupun pemerintah dan nanti kami akan memberi pelatihan sesuai kebutuhan masing-masing DPW dan DPC.



harapanya kedepan kita ini dari kumpulan orang-orang biasa menjadi orang luar biasa, dan kami DPP menghimbau agar kawan kawan anggota LSM Garda Nasional ini  menghindari hal hal yang diluar kepentingan lembaga seperti perkelahian, tawuran atau tindak kriminal lainya yang dapat merugikan diri sendiri."tegas Lutfi" selaku ketua DPP.


acara selanjutnya sambutan dari sugiyono, amd.SH. selaku pembina LSM Garda Nasional mengatakan satu komando itu peritah wajib diikuti tapi jika perintah salah wajib ditolak.

artinya setiap kegiatan yang dilakukan itu harus yang berdampak positif tidak perintah yang melanggar hukum.



LSM berhak memberi bantuan hukum perdata baik hukum perburuhan, perlindungan konsumen (termasuk leasing dan bank), maupun lingkungan hidup.



yang dapat memberi batuan hukum selain advokat dan LBH adalah LSM, jadi lembaga ini bisa memberi bantuan hukum non litigasi."jelas sugiyono".



maka saat ini mulailah membentuk divisi perburuhan baik DPW maupun DPC, karena dengan adanya undang-undang omnibuslaw yang sudah diterapkan di indonesia banyak buruh yang menjadi korban perusahaan yang memanfatkan situasi ini. makan dengan adanya divisi perburuhanya lsm garda nasional ini bisa jadi jawaban atas sengketa terhadap buruh yang butuh keadilan."tambah sugiyono".



acara dilanjut sambutan dari ketua DPW JATENG Elis Sugiyanto Amd, pertama kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang maha esa,  halal bi halal ini menjadi momen mempererat silaturahmi dan saling memaafkan antar anggota sehingga menjadi keluarga yang guyup rukun,"ungkapnya".



setiap kegiatan yang dilakukan harus ada tembusan atau laporan ke ketua masing masing, baik DPW maupun DPC sehingga harapanya tidak akan ada miss komunikasi saat melakukan giat. kemudian akan ada kunjungan kerja setiap DPC maka mohon mempersiapkan kelengkapan administrasi dan atribut sekretariat."tambahnya".


acara dilanjut tanya jawab oleh anggota, salah satu pertanyaan: ``jika ada oknum lsm yg mengatasnamakan lembaga tapi untuk keuntungan pribadi sikap lembaga nanti seperti apa`` : sangsinya di dalam ad/art akan di sp1 sampai 3 bahkan akan dikeluarkan dari lembaga, "jawab Sugiyono Amd, SH".



Acara tersebut berakhir dengan ditutup do’a bersama lalu acara dilanjutkan dengan saling bersalaman, saling meminta maaf dan ramah tamah serta berfoto bersama dan diahkiri makan siang bersama.(SA)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top