Gowes Ala Wabup Dengar Keluh Kesah Warga

TEMUI WARGA : Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo menyambangi warga Dusun Toyokembar, Temanggung saat gowes di akhir pekan. Selain sebagai sarana olahraga, Wabup bersilaturahmi dan berbagi bingkisan sayur-mayur, sembako atau makanan kepada warga yang membutuhkan dan mendengar keluh kesah warganya. Foto-foto : Hery Setyadi



Temanggung, SGN.com - Setiap akhir pekan, bagi banyak orang dipergunakan waktunya untuk piknik atau healing ke tempat wisata. Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo punya pilihan lain. Dengan hobinya gowes bersepeda, Bowo, panggilan akrab Wabup, acap kali berkeliling dusun ke dusun, desa ke desa untuk menyapa warganya.

Kegiatan diluar kedinasan ini dilakukan Wabup untuk mendengar keluh kesah warga secara langsung. Dipastikan, setiap akhir pekan, Bowo menggenjot sepeda belasan hingga puluhan kilometer. Melewati jalan perkampungan di tiap-tiap dusun atau desa. 

Tak sendiri, saat gowes, Wabup kerap didampingi istrinya Denty Eka Widipratiwi. Dari rumah dinasnya, pasangan ini ambil start dan melintasi jalan yang berbeda, yang lain dari jalur yang pernah dilewati. Tujuannya, Bowo ingin mendatangi rumah-rumah warga secara bergantian. 
Tak hanya gowes, Wabup selalu pula membawa misi berbagi "cantolan" istilah bagi bingkisan untuk warga yang dikunjunginya. Isi bingkisan macam-macam, sayur- mayur, sembako atau makanan kecil. Bingkisan tersebut dibawa khusus dan dicantolkan di gawang yang dibawa ke tempat tujuan.

Bagi warga, dipersilakan untuk mengambil bingkisan tersebut seperlunya. "Jangan berebutan. Bingkisa ini untuk warga yang benar-benar membutuhkan. Dari setiap bertemu warga, Saya jadi banyak mendengar banyak problem yang sedang dihadapi oleh masyarakat," kata Wabup.

Warga dusun atau desa yang didatangi Wabup, tentunya gembira. "Ada Pak Wakil Bupati kog kersa rawuh ndusun mriki (red- bersedia datang ke dusun ini). Remen saget ngobrol," tutur Sri warga dusun Toyokembar. Sri, bersama warga terutama ibu-ibu lainnya, tak melepaskan kesempatan mengambil bingkisan kemasan tas kresek yang bergelantungan di gawang yang dibawa Wabup Bowo. Hanya sekian menit, bingkisan telah ludes. 
Sejumlah warga Toyokembar yang dikunjungi gowes ala Wabup ini pun blak-blakan menceriterakan problem apa yang mereka rasakan. Warga ngudarasa dengan curhat langsung ke Wabup Bowo tentang banyak hal. Dan mereka minta berfoto bersama Wabup tanpa ewuh pakewuh.

Wabup Bowo mengutarakan gowes dilakukan sebagai cara untuk semakin dekat dengan warga dimanapun. Setidaknya, sudah selama empat tahun ini, Wabup Bowo dan istrinya, Denty, yang juga anggota DPD RI, mengayuh sepeda untuk menampung keluh kesah warga. Dengan bersepeda, selain membuat badan sehat, juga menciptakan titik temu dengan warga yang tanpa jarak. Beraktifitas di akhir pekan tidak mesti harus diisi kegiatan suka-suka. Namun gowes ala Wabup ini bisa membuat eratnya tali silaturahmi. (Hery S)
Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top