Perindo Seriusi Kualitas Caleg,KPU Saring 515 Bacaleg

SIAPKAN VERIFIKASI BACALEG : Komisioner KPU Kabupaten Temanggung, Henry Sofyan memberikan keterangan seputar proses verifikasi bacaleg dari belasan parpol. Sebanyak 515 bacaleg bakal disaring secara teliti dan ketat oleh KPU Temanggung. Foto : Hery Setyadi


Temanggung, SGN.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung tidak ingin kecolongan saat memverifikasi bakal calon legislatif (bacaleg). Dari sebanyak 515 bacaleg yang sudah disetor namanya saat pendaftaran ke KPU, bakal disaring lagi lewat mekanisme verifikasi berkas.

"KPU tidak mau kecolongan ada bacaleg yang ternyata punya atau terkena kasus hukum misalnya. Oleh karena itu, KPU akan bertindak seteliti mungkin memverifikasi dan kita cek benar-benar semua dokumen, termasuk keasliannya," papar Komisioner KPU Temanggung, Henry Sofyan kepada SGN.com, Senin (29/5) di kantornya.

Henri menjelaskan, dalam proses pendaftaran bacaleg beberapa waktu lalu, belasan parpol hanya menyodorkan sejumlah berkas persyaratan, berupa fotokopi KTP, KK, ijazah dan sebagainya. Tentunya semua itu akan diperiksa kembali kevalidannya, tambahnya.

KPU, imbuhnya, contohnya pernah mendapatkan dokumen dari parpol/bacaleg yang diberikan kadaluwarsa. "Ada surat pengesahan dari desa yang tertanggal di tahun 2019. Begitu juga surat-surat yang lain kadaluwarsa. Yang semacam ini bisa didrop dan kami minta diperbaiki," terang Henry.

Begitu pula saat verifikasi ini, KPU Temanggung menerapkan buka informasi dari masyarakat yang barangkali memiliki catatan, laporan tentang bacaleg. Ada kasus, bacaleg yang sudah didaftarkan di KPU dan divalidasi masalah status hukumnya, saat diverifikasi di pengadilan setempat memang tidak muncul catatan status hukum yang bersangkutan. 

Tapi belakangan, berkat laporan masyarakat, bacaleg tersebut punya catatan kasus penipuan di Jawa Timur.Hal seperti itulah yang oleh KPU Temanggung akan diperhatikan secara hati-hati dan teliti. Sebab, jangan sampai ada cacat hukum pasca para bacaleg ini ditetapkan sebagai caleg oleh KPU.

Terpisah, DPD Perindo Kabupaten Temanggung mendeklarasikan sebagai parpol yang serius dalam mengajukan seorang bacaleg. Program Perindo adalah menghasilkan bacaleg hingga caleg yang berkualitas.

"Kami tidak asal-asalan mengajukan seseorang untuk maju sebagai bacaleg Perindo. Selain track record yang bagus, bacaleg Perindo mestinya merupakan personal yang mumpuni dalam mengatasi persoalan-persoalan di masyarakat. 

Bacaleg adalah problem solver dan siap terjun ke masyarakat di Temanggung," cetus Ketua DPD Perindo Kabupaten Temanggung, Dr. Ir. Cuk Jaka Purwanggono MM saat konsolidasi di kantor DPD di Kertosari Temanggung.

Perindo nampaknya benar-benar serius membuktikan sebagai parpol  yang moderen dan solutif. Dengan susunan DPD kabupaten yang fresh dan mumpuni, Perindo siap seratus persen mengikuti Pileg 2024. Hingga ditetapkan oleh Perindo yang mendaftarkan bacalegnya sebanyak 45 orang terpilih. 

"Kami DPD masih mempersiapkan lagi sejumlah bacaleg cadangan. Ini sifatnya untuk antisipasi apabila ada bacaleg yang sudah kami daftarkan ke KPU tidak lolos dan bisa digantikan oleh bacaleg lainnya. Perindo ingin all out, tandasnya. (Hery S)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top