32 Biksu Thudong Tiba di Magelang

Memberi minuman- kepada para biksu Thudong yang hari ini (Rabu31/5/2023) sudah tiba di Magelang dan melanjutkan perjalan terakhirnya di Borobudur. Foto istimewa


Magelang, SGN.com- Sebanyak 32  biksu yang tengah menjalani ritual Thudong, Selasa petang ( 30/5/2023) sudah tiba di Magelang dan bermalam di kelenteng Liong Hok Bio. 

Setelah berjalan kaki dari Ambarawa Selasa pagi. Dan pada Rabu pagi (31/5/2023) menjalankan ritual pindapata. Yaitu menerima berbagai bahan makanan dari umat Buddha di sepanjang jalan. Tradisi ini digelar menjelang hari raya Waisak. 

Pindapata ini merupakan tradisi kuno di mana umat Buddha memberikan bahan makanan hingga uang kepada para biksu.

Umat Buddha di sepanjang jalan protokol Kota Magelang sabar menanti kedatangan para biksu thudong. Mereka sengaja menunggu untuk memberikan berbagai bahan makanan hingga uang kepada puluhan biksu thudong.

Setelah dari Magelang, para biksu Thudong tersebut meneruskan perjalanan terakhirnya ke Candi Borobudur yang berjarak hanya sekitar delapan kilometer. Di Borobudur para biksu akan melaksanakan pradaksina di puncak candi.

General Manager Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi mengatakan Candi Borobudur bakal ditutup untuk wisatawan pada Kamis (1/6) pukul 13.00 WIB.

Wisatawan yang akan naik ke candi dilayani lebih awal, dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB."Jam 13.00 itu steril dari pengunjung. Mereka (thudong) baru akan jalan dari Pawon, jam 15.00-an. 

Penyambutan di sini jam 15.30 WIB di Gerbang Kalpataru langsung ke Borobudur," ujar Jamal,"Penyambutan ada, tapi tidak seremonial. Sebagai respek kita kepada mereka, nanti ada pembagian bunga sedap malam sebagai sarana puja mereka pada saat pradaksina di candi," tambahnya.(Sup)
Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top