Liga I Berganti Liga Nusantara, Liga Tiga “Tak Terdengar”

Kudus, SGN.com- Nama kompetisi sepakbola Liga I  dirubah menjadi Liga Indonesia (LI). Begitu pula Liga II berganti menjadi  Liga Nusantara(LN). Sedang Liga 3 (tiga) untuk sementara belum dibahas  Itulah salah satu hasil keputusan Persatuan Sepabola Seluruh Indonesia (PSSI) setelah menggelar sarehan dengan peserta kompetisi BRI Liga I dan Liga II di Surabaya, Sabtu (4/3/2023).

Selain  itu , PSSI juga menjadwalkan  kompetisi Liga Nusantara mulai Juni 2023b hingga April 2024.  Lalu  untuk kompetisi Liga Nusantara berlangsug  November 2023  hingga Juni 2024. Sarasehan sepakbola yang dipimpin Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria ini tidak membahas nasib Liga 2 musim ini yang telah disetop sejak tragedi Kanjuruhan  Malang Jawa Timur  1 Oktober-2022, yang artinya kompetisi kasta kedua itu sudah pasti tidak dilanjutkan. 

Menurut Ratu Tisha, yang dikutip dari Bola net dan Antara, sarasehan sepak bola yang digagas  kepengurusan baru PSSI pimpinan Erick Thohir, dihadiri sejumlah klub BRI Liga 1 dan Liga 2"Baik Liga 1 dan Liga 2 akan memperebutkan Piala Presiden. Untuk jadwal dua kompetisi itu juga sudah kami tetapkan, Hasil kesepakatan ini adalah memberikan slot waktu yang eksklusif untuk Liga 1 dan Liga 2. Terkait perizinan pertandingan akan dipusatkan menjadi satu," tuturnya.

Ia berharap kebijakan PSSI dapat meningkatkan nilai komersial kompetisi. Selain itu, pihaknya juga berencana membentuk team project management officer untuk menguatkan regulasi BRI Liga 1 dan Liga 2. "Termasuk kesejahteraan bagi klub-klub BRI Liga 1 dan Liga 2,"Tim tersebut akan melakukan pendetailan secara lebih rinci hal-hal apa yang dibutuhkan di dalam regulasi, baik di BRI Liga 1 maupun Liga 2," tambahnya.

Sedang menurut Ketua Umum PSSI, Erick Thohir , banyak yang hal dibicarakan dalam sarasehan tersebut. PSSI dan klub tak hanya semata-mata bicara bisnis, tetapi juga kompetisi yang ideal dan bagus."Ujung-ujungnya tujuannya adalah menyehatkan klub. Kalau pemilik klub harus bakar duit terus, ya klub itu pasti tidak akan sehat,Saya kira kita sepakat semua ingin maju, ingin klub sehat, dan tentu ujungnya adalah tim nasional yang tangguh," ujarnya yang dikutip dari laman PSSI.

Erick punya mimpi, Liga Indonesia nantinya bisa sebesar Serie A, Bundesliga, La Liga, Premier League Inggris. "Jadi mereka belum bertanding saja sudah untung. Jadi ke depan kita ingin seperti itu. Apakah bisa? Bisa. Saya yakin," tuturnya.

Selanjutnya ia mengatakan, PSSI juga akan menggelar sarasehan dengan Liga 3, Asosiasi Provinsi (Asprov), jambore suporter. Pada kegiatan itu, pihaknya juga akan bicara bisnis."Liga sepak bola itu bukan komunitas yang eksklusif. Kita bersaing dengan negara lain. Jadi banyak hal yang akan kita lakukan," tegas Erick. 

Hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional:
1. Klub Liga 2 sepakat tak melanjutkan kompetisi musim ini dan melakukan persiapan untuk musim 2023/2024 yang rencananya dimulai November 2023.
2. Liga 1 dan Liga 2 akan berubahan nama menjadi Liga Indonesia dan Liga Nusantara. 
3. Perubahan format Liga 1 dengan sistem full kompetisi dan diakhiri playoff empat tim teratas untuk menentukan juara.
4. Aturan pemain asing Liga 1 musim depan lima bebas dari negara mana saja dan satu wajib dari Asia, Liga 2 satu pemain dari Asia, satu non-Asia serta batasan satu pemain naturalisasi.
5. Operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akan dipisah yang sebelumnya berada di bawah satu komando PT Liga Indonesia Baru.
6. Izin pertandingan sudah diinstruksikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar dipermudah, PSSI juga bakal menggelar jambore suporter sebagai bagian dari hal tersebut.
7. Jambore suporter digelar secara terpisah untuk Liga 1 dan Liga 2, rencananya akan digelar setelah Piala Dunia U-20 2023.
8. PSSI memastikan bahwa pertandingan sepak bola akan berakhir tidak lebih sampai di atas 22.00 atau 23.00 demi keamanan suporter.
9. PSSI dan FIFA bakal mengadakan pelatihan dan pendidikan tentang sistem peraturan pengaturan skor pada pertengahan Juni 2023.
10. PSSI akan kembali menggelar sarasehan sepak bola nasional khusus untuk Liga 3 bersama Asosiasi Provinsi (Asprov), namun belum dipastikan jadwalnya.(Sup)
Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top