Liga I Berganti Liga Nusantara, Liga Tiga “Tak Terdengar”

Kudus, SGN.com— Nama Liga I dan Liga II, berganti menjadi Liga Indonesia dan  Liga Nusantara. Sedang Liga 3 (tiga) tak terdengar . Itulah salah satu hasil keputusan Persatuan Sepabola Seluruh Indonesia (PSSI) setelah menggelar sarehan dengan peserta kompetisi BRI Liga I dan Liga II di Surabaya, Sabtu ( 4/3/2023).

Selain  itu , PSSI juga menjadwalkan  kompetisi Liga Nusantara mulai Juni 2023b hingga April 2024.  Lalu  untuk kompetisi Liga Nusantara berlangsug  November 2023  hingga Juni 2024. Sarasehan sepakbola yang dipimpin Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria ini tidak membahas nasib Liga 2 musim ini yang telah disetop sejak tragedi Kanjuruhan  Malang Jawa Timur  1 Oktober-2022, yang artinya kompetisi kasta kedua itu sudah pasti tidak dilanjutkan. 

Menurut Ratu Tisha, yang dikutip dari Bola net dan Antara, sarasehan sepak bola yang digagas  kepengurusan baru PSSI pimpinan Erick Thohir, dihadiri sejumlah klub BRI Liga 1 dan Liga 2"Baik Liga 1 dan Liga 2 akan memperebutkan Piala Presiden. Untuk jadwal dua kompetisi itu juga sudah kami tetapkan, Hasil kesepakatan ini adalah memberikan slot waktu yang eksklusif untuk Liga 1 dan Liga 2. Terkait perizinan pertandingan akan dipusatkan menjadi satu," tuturnya.

Ia berharap kebijakan PSSI dapat meningkatkan nilai komersial kompetisi. Selain itu, pihaknya juga berencana membentuk team project management officer untuk menguatkan regulasi BRI Liga 1 dan Liga 2. "Termasuk kesejahteraan bagi klub-klub BRI Liga 1 dan Liga 2,"Tim tersebut akan melakukan pendetailan secara lebih rinci hal-hal apa yang dibutuhkan di dalam regulasi, baik di BRI Liga 1 maupun Liga 2," tambahnya.

Adapun hasil sarasehan sepakbola yang dikutip dari  laman PSSI adalah sebagai berikut :
1. Kalender kompetisi antara Liga 1 dan Liga 2 akan seminimal mungkin beririsan satu sama lain. Hal ini guna meningkatkan nilai komersial dan keolahragaan bagi Liga 2 agar kualitasnya naik secara signifikan.
2. Liga 2 akan memiliki slot yang tidak beririsan dengan Liga 1, sehingga fans dan suporter Liga 2 bisa menikmati sepak bola dengan lebih meriah. 
3. Proteksi ekosistem bisnis Liga 1 dan Liga 2 yang akan dibangun dengan kepastian jadwal dan perizinan secara terpusat. 
4. Regulasi dan format kompetisi yang ditentukan dengan lebih menarik, dengan adanya sistem play-off. 
5. Klub Liga 1 dan klub Liga 2 sepakat untuk menatap ke depan mempersiapkan tim untuk musim 2023/2024. Di sela waktu khusus untuk Liga 2, akan dibuat mini turnamen untuk mempersiapkan tim.(Sup)
Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top