Wabup Ibnu Wibowo Responsif Atasi Kebocoran Pasar Kliwon

TINJAU PASAR BOCOR : Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo meninjau langsung kondisi Pasar Kliwon yang mengalami rusak parah dan bocor ratusan titik. Pasar Kliwon sebelah utara terakhir dibangun tahun 2008 padca kebakaran besar. Kini, atap pasar terbesar di Temanggung tersebut, rusak parah. Foto: Hery Setyadi


Temanggung, SGN.com - Kondisi atap Pasar Kliwon sebelah utara yang rusak sangat parah mendapat respon cepat dari Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo. Wabup berjanji, Pemkab akan merehab atap pasar kebanggaan warga Temanggung ini pada akhir bulan Maret 2023.

Salah satu pasar terbesar di Kota Tembakau ini nyaris ilang kumandhange. Sekitar 1200 pedagang Pasar Kliwon sebelah utara sedih, lokasi lapak usaha mereka berantakan akibat kebocoran air hujan. Atap pasar mengalami rusak parah, bolong-bolong di ratusan titik. Kondisi lantai satu dan dua pasar mirip kolam ikan. Beton lantai pun ikut mengelupas lapisan semennya.  Dikawatirkan pasar ini akan ditinggal pedagang dan masyarakat enggan berkunjung ke pasar.

Wabup Wibowo menegaskan, pihaknya memerintahkan Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan, Entargo untuk segera mendorong proses lelang rehab perbaikan atap Pasar Kliwon. "Estimasi biaya keseluruhan rehab sekitar 750 juta. Pemkab sudah menyiapkan 450 juta di APBD 2023 ini untuk keperluan rehab atap pasar. Dengan anggaran 450 jt ini kita laksanakan terlebih dulu. Kasihan para pedagang apabila terlalu lama menderita. Jadi, sebelum Lebaran kita sudah bisa rehab atap pasar," tandas Wabup.

Sikap responsif Wabup dengan mendatangi lokasi pasar. Untuk melihat secara langsung kondisi parahnya pasar dan mendengar berbagai keluhan para pedagang. Di bawah bentangan plastik untuk menahan air hujan, Wabup diwaduli pedagang yang sedih dagsngan tidak laku karena pasar bocor. Pedagang bercerita, sudah belasan orang terpeleset dan kepala bocor gara-gara lantai tergenang air hujan.

Kepala Diskopdag Entargo menjelaskan bahwa proses lelang rehab atap pasar sudah dilaksanakan di Pokja LPSE. "Sesuai besaran anggaran yang sudah siap, atap pasar yang rusak akan diganti dengan galvalum. Kita prioritaskan rehab yang tingkat kerusakannya parah," terangnya.
Ka UPT Dinas Pasar Kliwon Suci Wahyuningsih menyebutkan jumlah pedagang di Pasar Kliwon mencapai 3000an pedagang. Di pasar sabelah utara ditempati 1200 pedagang. Namun separo diantaranya kios kosong tak ditempati pedagang.

KOMPPAK (Komunitas Pedagang Pasar Kliwon) melalui ketuanya, Sarmu, meminta Wabup untuk lebih memperhatikan kondisi kritis bangunan pasar. "Tak hanya Pasar Kliwon sebelah utara, yang sebelah selatan juga perlu perbaikan mendesak," ujarnya.

Wabup Wibowo minta pihak Komppak untuk mengajukan surat ke Pemkab dan DPRD utk meminta anggaran di APBD Perubahan 2023, agar bisa disiapkan sejak sekarang. "Tujuannya agar rehab atap pasar bisa total dilaksanakan. Sehingga perekonomian Pasar Kliwon kembali lancar dan ramai pembeli," kata Wibowo. (Hery S)
Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top