Sore Ini Duel , Timnas Indonesia — Vietnam

Kudus,SGN.com- Dijadwalkan Jumat sore ini pukul 16.30 WIB ( 6/1/2023) berlangsung duel antara tim nasional (timnas) sepakbola Indonesia  dengan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno (BBK)Jakarta. Pertarungan tersebut bisa disaksikan lewat tayangan langsung dari stasiun TV swasta RCTI maupun nonton di stadion GBK.

Dan pertandingan itu sendiri merupakan lanjutan Piala AFF 2022 yang memasuki babak semi final laga pertama. Sedang laga kedua akan berlangsung di Vietnam pada Senin ( 9/1/2023). 

Indonesia lolos ke babak semifinal setelah “parkir” di urutan kedua grup A. Sedang Vietnam sebagai juara grup B. .”Tim Vietnam baik dalam or-ganisasi dan pertahanan, tetapisekarang adalah babak empatbesar. Paling tidak, hanya akanada satu-dua gol. Nanti akanada selisih gol untuk siapa yangmenang dan kalah. 

Jadi, Viet-nam pun harus mempersiapkandiri dengan baik karena ini bu-kan lagi penyisihan grup,” kata  ShinTae-yong  dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/1/2023). Sementara .”Untuk besok, pelatih danstaf kepelatihan sudah membu-at persiapan yang bagus. Saya dan rekan setim akan mencobamelakukan yang terbaik,” kata penyerang Vietnam, Pham Tu-an Hai.

Menurut harian Kompas, Jumat (6/1/2023), rekam jejak pertemuan kedua tim di Piala AFF yang lebih didominasi Indonesia bisa turut menjadi pijakan Pelatih ShinTae-yong untuk mengejar kemenangan. Sejak 1996, Indonesia sudah dua kali bertemu Vietnam di semifinal.

Dalam dua pertemuan itu, Indonesia selalu berjaya.Namun, pada Piala AFF2022, Vietnam bukanlah lawan sembarangan. Tim arahan Pela-tih Park Hang-seo itu saat ini menjelma sebagai tim yang produktif dengan koleksi 12 gol selama fase penyisihan grup.

Vietnam juga punya catatan impresif sebagai satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan.Capaian Vietnam akan menjadi tantangan tersendiri bagi Shin. Ia dipaksa memeras otak untuk menemukan strategi jitu agar bisa membongkar soliditas pertahanan Vietnam.

Tantang-an itu kian tak mudah karena Indonesia termasuk boros peluang dalam empat laga di fasegrup. Sejumlah peluang emas gagal dikonversi menjadi gol oleh para pemain Indonesia.

Namun di tengah sulitnya tantangan itu, kabar baik datang untuk Indonesia karena kiper utama-nya, Nadeo Argawinata, hampir dipastikan bisa dimainkan. Ia sempat mengalami cedera saat melawan Filipina pada laga terakhir penyisihan Grup A.

Lini belakang Indonesia juga semakin kuat seiring kembalinya Jordi Amat yang telah terbebas dari skor akumulasi kartu kuning. Duet Amat dan kapten tim, Fachrudin Aryanto, di lini belakang memberikan keleluasaan serta ketenangan kepada dua bek sayap Indonesia, Asnawi Mangkualam dan PratamaArhan, untuk ikut maju membantu serangan tim.

Laga ini juga menghadirkan kesempatan bagi Shin untuk meraih kemenangan pertamanya atas Vietnam di tim senior.Dalam dua pertemuan sebelumnya, Shin hanya meraih satu hasil imbang dan satu kali kekalahan.
 Ia berkata, Indonesia belum pernah menang atas Viet-nam pada era kepelatihannya karena kurangnya persiapan.Shin yakin Indonesia akan lebih mampu memberikan perlawanan kepada Vietnam saat ini.
 
Selain persiapan yang lebih matang, liga profesional di Indonesia juga sudah mulai berjalan. Jadi, tidak seperti ketika pandemi Covid-19 melanda.Dalam kesempatan yang sama, gelandang muda Indonesia,Marselino Ferdinan, menilai Vietnam sulit ditaklukkan. 

Namun, kemenangan menjadi harga mati sebelum bertandangke markas Vietnam pada Senin(9/1).”Kami akan fokus kepada tim sendiri, fokus pada kerja kami.Kami akan bekerja keras dan berusaha di kandang pada pertandingan pertama ini. Kami akan mencoba mengambil hasil maksimal,” kata Marselino.

\Untuk meraih hasil maksi-mal, para pemain Indonesia harus berhenti membuang-buang peluang. Sifat individualistis atau egoistis sejumlah pemainnya juga mesti diakhiri karena bisa kembali merugikan tim.Shin pun menyadari kebiasaan buruk para pemainnya itu. 

Ia mengaku sudah menegur para pemainnya untuk mengurangiupaya individual apabila situasinya memungkinkan untuk mengoperkan bola kepada pe-main lain yang lebih bebas. Monggo kita saksikan laga yang pasti menarik ini. Semabri mendoakan kemenangan bagi timnas Indonesia. Saya jagokan Indonesia menang 2-1.(Sup)
Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top