PT Philips Seafoods Indonesia PHK 40 orang anggota serikat SBPSI secara sepihak

Buruh yang tergabung dalam FSBMM melakukan aksi penolakan PHK sepihak oleh PT Philips Seafoods Indonesia di Pasuruan Jawa Timur pada 19 Desember 2022. (Foto:Solichul Arifin)


Pasuruan,suaragardanasional.com -Federasi Serikat Buruh Makanan dan Minuman (FSBMM) menggelar aksi unjuk rasa di depan  kantor pusat Philips Seafoods Pasuruan, Jawa timur,Senin (19/12/2022). Mereka menuntut Manajemen untuk mempekerjakan kembali pekerja yang di PHK secara sepihak.


Sejak awal bulan September 2022 hingga hari ini, sebanyak 40 orang anggota Serikat Buruh Phillips Seafoods Indonesia (SBPSI) diberhentikan secara bertahap dan sepihak oleh Manajemen PT Phillips Seafoods Indonesia dengan alasan usia yang sudah tidak produktif sehingga mempengaruhi jumlah hasil produksi yang tidak sesuai dengan target.


Alasan managemen memPHK adalah Speed kerja yang dianggap tidak memadai tanpa ada pemberitahuan  ke pekerja yang di PHK, saksi dari salah satu pekerja yang di PHK manajemen menyatakan hari ini pekerja tersebut tidak perform dan besok dipanggil masuk langsung diberitahuan tentang PHK kepada pekerja tersebut dan digantikan dengan pegawai baru, ini menandakan memang ada dugaan kesengajaan dari managemen untuk memutus hubungan kerja."pungkasnya".

Dwi Haryoto, selaku Presiden FSBMM menjelaskan, Pertemuan antara Manajemen dan Pengurus SBPSI pun sudah berulang kali dilakukan namun belum mendapatkan titik temu. SBPSI sudah melakukan beberapa kali aksi demi  terpenuhi tuntutannya, namun Manajemen PT Phillips Seafoods Indonesia tidak memiliki itikad baik untuk menyelesaikan permasalahan ini.


Koordinator aksi Federasi Serikat Buruh Makanan dan Minuman (FSBMM) Sigit Nugroho menyatakan, aksi pada Senin 19 Desember 2022 mendesak kepada Manajemen untuk:

1. Mempekerjakan kembali 40 orang anggota SBPSI yang sudah bekerja puluhan tahun di PT Phillips Seafoods Indonesia.

2. Menyelesaikan permasalahan ini secara bilateral.

3. PT Phillips Seafoods Indonesia Memperbaiki kinerjanya demi kesejahteraan buruh dan keluarganya,"Jelasnya",kepada suaragardanasional.com.

aksi solidaritas ini juga dihadiri beberapa serikat yang tergabung di dalam federasi FSBMM_IUF yakni Serikat Buruh Nestle Indonesia Kejayan (SBNIK) Serikat Buruh Nestle Indonesia Gempol DC (SBNIG) Serikat Pekerja Indolakto Purwosari (SPIP) Serikat Pekerja PT Indolakto Pandaan (SPPTILP) Serikat Buruh Mandiri Coca-Cola Semarang (SBMCC) dan perwakilan Serikat Buruh Phillips Seafoods Indonesia (SBPSI) yang terPHK secara sepihak.(SA)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top