Pele Legenda Sepakbola Brasil Meninggal .Saolo Paulo (Brasil)

Jakarta,SGN.com- Edson Arantes do Nascimento, atau lebih dikenal dengan  Pele, legenda sepakbola Brasil, meninggal dunia di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil, pada Kamis 29 Desember 2022 waktu setempat atau Jumat (30/12/2022) dinihari waktu Indonesia Bagian Barat ( 30/12/2022). ) Pele meninggal dunia pada usia 82 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker usus besar.

Kemudian ribuan orang berbondong-bondong memberikan penghormatan terakhir di depan RumahSakitAlbert Einstein, Sao Paulo,Brasil. Mereka mengenakan seragam Brasil berwarna kuning atau jersei putih Santos dengan bertuliskan ”Pele 10” dipunggungnya.Spanduk besar dibentangkan di jalan utama depan rumah sakit  bertuliskan ”Raja Pele Abadi”.
Sedang sekitar 79 kilometer  selatan pusat kota Sao Paulo, ribuan warga juga berdatangan ke kom-pleks Stadion Urbano Caldeira,markas Santos FC. Dengan membawa bunga bagi sang legenda berjuluk ”Sang Raja” atau ”ORei” itu. Santos adalah tim pro-fesional pertama yang dibela Pele pada 1956 hingga 1974.

Jenazah Pele akan disemayamkan di stadion itu pada Senin (2/1/2023) untuk memberikan kesempatan kepada jutaan wargaBrasil memberikan penghormatan terakhir. Sehari ke-mudian,Pele akan dimakamkan di Santos.
Nuansa berkabung juga terlihat di patung Kristus Sang Penebus di kota Rio de Janeiro.Lampu berwarna kuning dan hijau menerangi ikon Brasil itu.Sinar lampu serupa warna bendera Brasil itu juga terlihat menerangi Stadion Maracana.

Sedang puluhan orang memadati Museum Pele di Tres Coracoes, k sekitar 250 kilometer selatan Rio de Janeiro.kota  kecil tempat kelahiran Sang Raja. Museum itu berbentuk rumah masa kecil Pele, yang menampilkan trofi dan memorabilia lain terkait 21 tahun karier Pele di dunia sepak bola.

Dan sebagai penghormatan kepada Pele, pemerintah Brasil menetapkan hari berkabung nasional selama tigahari. Khusus di Santos, harinberkabung berlangsung selamasepekan. Di luar Brasil, semua laga pekan ke-18 Liga Inggris,akhir pekan ini, diawali dengan mengheningkan cipta selama satu menit. Pada momen itu,foto Pele ditampilkan di layar raksasa stadion.
Menyisihkan konflik.

Kepergian Pele membuat dua sosok utama di panggung politik Brasil untuk sementara menyisihkan konflik seusai pemilu presiden, awal November. Presiden Brasil Jair Bolso-naro dan presiden terpilih LuizInacio ”Lula” da Silva sama-sama menyampaikan dukacita untuk Pele dan keluarga.”Pele mengubah sepak bolamenjadi seni dan kebahagiaan,”kata Bolsonaro.

Lula tak ketinggalan memuji Pele. ”Tak ada lagi nomor 10 seperti dirinya,” ujar Lula yang akan dilantik, Minggu(1/1/2023).Dalam satu bulan terakhir,konflik politik yang disebabkan perpecahan antara pendukung Bolsonaro dan Lula memanaskan suasana Brasil.
 Ribuan tentara berjaga di pusat kota besar Brasil, antara lain Sao Paulo,Riode Janeiro, Belo Herizonte, dan Brasilia, untuk mengantisipasi kerusuhan pada hari pelantikan Lula.Bersatunya Bolsonaro dan Lula menunjukkan wafatnya Pele tidak meruntuhkan cita-cita besar Sang Raja, yang ingin menyebarkan cinta demi mengakhiri konflik.

 Salah satu kesan terbaik tercipta pada 1969 ketika Pele tampil bersama Santos untuk laga uji coba melawan klub Nigeria, Stationery StoresFC, di Stadion Lagos.Kedatangan dan penampilan Pele mengakhiri perang saudara yang tengah terjadi di negaraAfrika Barat itu selama dua hari.Perang saudara itu terhenti sementara pada 26 hingga 28 Januari 1967.

Pada enam bulan akhir hidupnya, cita-cita Pele untuk menciptakan perdamaian dunia tak memudar. Ia sempat memberikan pesan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin melalui akun Instagram-nya, @pele, 1Juni lalu.
Ia berharap Putin,yang telah beberapa kali ditemuinya,menghentikan invasi ke wilayah Ukraina.Peran besar Pele diakui pemimpin besar dunia. Ratu Inggris Elizabeth II, misalnya,menganugerahkan gelar ksatria kehormatan untuk Pele pada1997. 

Presiden ke-40 AmerikaSerikat, Ronald Reagan,mengundang Pele ke GedungPutih untuk menyebarkan ”vi-rus” sepak bola kepada anak-anak AS pada 1986.Dalam buku Pele: The Autobiography (2007), Pele mengungkapkan, Reagan yang memperkenalkan diri kepadanya.”Senang bertemu dengan Anda.Saya Presiden AS. Anda tak perlu menceritakan siapa Anda, saya tahu Anda adalah Pele, semua orang tahu!” kata Reagan.

Di buku itu, Pele berkisah,dirinya pernah menolak undangan Presiden ke-42 AS, Bill Clinton, untuk datang ke Gedung Putih pada 1997. Hal itu dilakukan karena dia berjanji meresmikan program pembinaan sepak bola di Sekolah Mangueira Samba di Rio de Janeiro.

 Sebagai gantinya, Pele mengundang Clinton ke Sekolah Mangueira Samba pada kunjungan perdananya ke Amerika Selatan, 13 Oktober 1997.Dari 1950-an hingga 1970-an,Pele memberi warna baru bagi sepak bola, termasuk memperkenalkan istilah ”O Jogo Bonito” atau ”permainan indah”bagi identitas timnas Brasil.

Pele menegaskan predikat Sang Raja sebagai pesepak bola pertama yang memenangitiga trofi Piala Dunia.Setelah gantung sepatu pada1977, Pele mengabdikan dirinya pada berbagai kegiatan sosial,termasuk duta bagi agenda kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ia bertemu ratusanpemimpin dunia untuk me-nyebarkan senyum dan cinta sembari memegang bola.

Lima fakta.
Pencetak Hattrick Terbanyak : Pele, adalah pencetak hattrick atau tiga gol terbanyak dalam suatu pertandingan. Selama kariernya, Pele mencetak 129 hattrik! Tak ayal, sosok Pele dianggap jadi salah satu pesepakbola terhebat di dunia. Dia bahkan sudah tampil memukau sejak awal kariernya di dunia sepakbola.
Lahir di Kota Kecil : Pele - sang legenda sepakbola dunia ini ternyata lahir dari kota kecil Tres Coracoes di bagian selatan Provinsi Minas Gerais, salah satu provinsi paling selatan di Brasil.

Pele lahir pada 23 Okrober 1940. Nama lengkapnya adalah Edson Arantes do Nascimento. Pele merupakan anak tertua dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama Joao Ramos do Nascimento juga merupakan seorang pesepakbola terkenal di Brasil.

Debut Internasional : Pele pertama kali bermain di level internasional pada Juli 1957- membela Timnas Brasil di laga kontra Argentina. Ia tampil gemilang dan sukses mencetak gol ke gawang Argentina. Meski pada akhirnya, Brasil kalah dengan skor 1-2.

Mencetak 1.279 Gol : Pele juga  punya catatan gemilang lain dalam kiprahnya di dunia sepakbola. Menjadi salah satu pesepakbola yang sukses mencetak 1.279  gol! Dari 1.363 pertandingan yang berlangsung dari tahun 1956 hingga 1977.

Satu-satunya Juara 3 Kali Piala Dunia : Pele menjadi satu-satunya pesepakbola yang menjuarai tigq kali Piala Dunia- bersama tim nasional Brasil pada Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970.asi

Lewat ragam prestasinya, baik di timnas dan level klub, Pele berhasil mengumpulkan pundi-pundi cuan.Dirangkum dari Celebrity Net Worth, ia memiliki harta kekayaan bersih mencapai 100 juta dollar atau sekitar Rp 1,5 Triliun. Adapun 10 besar pesepakbola terkaya di dunia : 1. David Beckham — $670 Juta
2. Cristiano Ronaldo — $500 Juta.3. Lionel Messi — $400 Juta.4. Dave Whelan — $210 Juta
5. Neymar Da Silva Santos Junior — $185 Juta.6. Wayne Rooney — $160 Juta.7. Alexandre Pato — $145 Juta
8. Francesco Totti — $101,6 Juta.9. Jose Mourinho — $100 Juta.10. Pele — $100 Juta..r/AFP/Kompas/Sup) 

Sisi kelam :
Meski dari sisi prestasi tidak/belum ada yang menyamai hingga meninggal, namun Pele Sang Raja juga memiliki sisi kelam, Terutama menyangkut kehidupan rumah tangganya.

Pele semasa hidupnya pernah menikah tiga kali dan bercerai dua kali. Pemilik nama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu juga memiliki skandal percintaan dengan beberapa pesohor maupun sosok tak terduga.
Istri pertama Pele adalah Rosemeri dos Reis Cholbi.

Mereka menikah pada Februari tahun 1966. Dari pernikahan tersebut, Pele memiliki dua orang anak yakni Kelly Cristina dan Edson..Biduk rumah tangga Pele dengan Rosemeri tidak bertahan lama. Pada 1982, mereka resmi bercerai. Usai pisah dengan Rosemeri, Pele sempat menjalin hubungan serius dengan presenter TV bernama Xuxa. Tapi hubungan ini tak berlanjut ke pelaminan.

Menikah Lagi
Kemudian Pele menikah lagi dengan psikolog dan penyanyi lagu rohani Assiria Lemos Seixas pada tahun 1994. Lagi-lagi pernikahan kedua Pele ini harus berakhir dengan perceraian pada 2008. Dari pernikahan dengan Assiria, Pele memiliki dua anak yakni Joshua dan Celeste.

Di tahun 2016, Pele menikah lagi untuk ketiga kalinya saat berusia 73 tahun. Dia menikahi wanita Brasil keturunan Jepang, Marcia Aoki, yang saat itu berusia 41 tahun. Aoki yang menemani Pele hingga akhir hayatnya..Pele dan Aoki pertama kali bertemu pada 1980-an di New York, Amerika Serikat. 

Setelah itu mereka sempat putus hubungan dan baru bertemu lagi tahun 2008. Pele dan Aoki kemudian berpacaran dua tahun kemudian sebelum akhirnya naik pelaminan di tahun 2016. Pele tak memiliki anak dari pernikahannya dengan Aoki.3 dari 4 halaman.
Nama baik Pele sempat juga tercoreng karena miliki anak dari kasih hubungan gelap. 

Pele pernah berselingkuh dengan Asisten Rumah Tangga (ART) bernama Anizia Machado..Pele sempat tidak mau mengakui anak dari hubungan gelap dengan Anizia yang bernama Sandra Machado. Sandra terus berjuang selama beberapa tahun agar diakui Pele sebagai anak biologisnya..

Awalnya Pele tidak mau melakukan tes DNA untuk Sandra. Sampai-sampai Sandra menulis buku berjudul "Putri yang Tidak Pernah Diinginkan Pele". Sandra juga mengajukan gugatan agar Pele mau melakukan tes DNA. Perjuangan Sandra tak sia-sia, tes DNA akhirnya dapat dilakukan pada 1993. Hasil tes menunjukkan bila Sandra sah anak kandung Pele.

Meski demikian, Pele masih tidak mau menganggap Sandra sebagai anaknya hingga akhir hayatnya. Pele tidak mau berbicara dengan Sandra maupun kedua anaknya. Pele juga tidak mau datang ke pemakaman Sandra yang meninggal secara tragis di tahun 2006 pada usia 42 tahun.

Pele juga punya satu anak perempuan lain, Flavia Kurtz. Flavia merupakan hasil dari hubungan gelap Pele dengan seorang wartawati bernama Lenita Kurtz pada 1968. Berbeda dengan Sandra, Pele mengakui Flavia sebagai anaknya..( AFP/Reuter/Kompas/Sup)

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top